Bikin Absolute Revo 110 Semakin Kenceng Terbaru 2011

Yogyakarta - Bikin performa tunggangan tambah mak nyuss, banyak cara yang bisa ditempuh. Namun dengan budget terbatas dan hasil tetap optimal, bukanlah hal mudah. Tapi bukan berarti hal ini enggak bisa dikerjakan. Semua ada solusinya Bro! Bikin Kenceng Honda Absolute Revo 110.

Sebut saja Triono, pembesut Honda Absolute Revo lansiran 2009. Lantaran performa tunggangannya dirasa kurang mumpuni saat menerabas kemacetan, serta larinya kurang ngacir saat melewati trek lurus sepanjang perjalanannya pergi pulang (PP) Cimone–Ciledug, Yogyakarta (sekitar 20 km), pegawai swasta ini order dongkrak performa tunggangannya di Ultraspeed Racing (UR).

“Intinya dibikin tambah ganas dan beringas, sehingga PP rumah ke tempat kerja lebih cepet. Tapi enggak harus merusak peranti orisinalnya. Namun dengan dana yang terbatas,

Tahu kemauan pelanggan, Muh. Supriyadi, kepala mekanik UR yang bermarkas di Jl. H. Mencong No.42 Ciledug, Yogyakarta, langsung menggarapnya. “Untuk hal ini, saya sudah punya ramuan pas serta bisa tambah power 1,5–2 dk. Pengerjaannya cukup sehari, dengan biaya total Rp 765 ribu,” tawar pria akrab disapa Choky ini.


Noken as Kawahara,bikin buka tutup klep lebih cepat (kiri). Pilot jet ukuran 38, agar suplai bensin lebih optimal (kanan)dan kampas koppling ganti(KAWAHARA)racing, seker diganti punya tiger 200 dan klep diganti punya mobil carry,struknya dinaikin 6cm.
Penasaran apa saja yang dilakukan Gogon ost? Lebih detailnya, yuk kita sambangi UR. “Tidak ada yang istimewa kok, cuma ganti paking blok lebih tipis dan pasang beberapa part racing seperti; noken as aftermarket, knalpot model freeflow, koil racing dan penggantian pilot jet lebih besar,pengapian BRT,kampas koppling,klep,seker tiger 2000,” beber Gogon ost.

Langkah awal, untuk ngejar kompresi di ruang bakar makin padat,Gogon ost melepas paking blok orisinalnya yang kemudian diganti paking blok bikinannya sendiri (custom) lebih tipis. “Tebal paking orisinal 0,4 mm, gantinya 0,2 mm,” ujarnya.


Lalu agar tenaga tunggangan bertambah, aplikasi knalpot freeflow SND seharga Rp 350 ribu. “Ditambah pemasangan noken as berlabel Kawahara yang biasa dijajakan Rp 500 ribu. Buka tutup klep lebih cepat, sehingga suplai BBM ke ruang bakar tambah optimal,” imbuh mekanik pengalaman lebih dari 5 tahun ini.

Lalu buat dongkrak pengapian, Gogon ost aplikasi koil Protec seharga Rp 180 ribu. “Nah biar suplai bensin dari karburator ke ruang bakar tambah banyak, menyesuaikan ubahan, saya aplikasi pilot jet ukuran 38, standarnya 35,” yakin pria ramah ini.


Knalpot freeflow SND racing. Meski suara berisik, tapi dipercaya mampu dongkrak tenaga (kiri). Koil Protec, bantu dongkrak pengapian (kanan)pengapian ganti(BRT)
Nah setelah tunggangan digarap selama kurang lebih sehari serta dilakukan penyesuaian dan setting ulang karburator, tunggangan dites pakai mesin dynamometer DYNOmite milik UR.

Sebelum di-upgrade, kondisi masih standar, diperoleh power puncak 7,49 dk/8.309 rpm dan torsinya 8,14 Nm/5.769 rpm. Setelah di-upgrade tercatat power maksimalnya 10,38 dk/8,854 rpm dan torsi 8,75 Nm/8.162 rpm. Ini menunjukkan ada kenaikan power sebesar 2,89 dk sedang torsinya bertambah 0,61 Nm.
















7 komentar:

Unknown mengatakan...

Cakep kombinASI N modifikasix mas bro ntr ta cubo mas bro ,, ...

Unknown mengatakan...

Mas bro klu boleh tau untuk bbm nya boros gaaa yaaa

Unknown mengatakan...

Perlu di coba

Unknown mengatakan...

Pistonnya pake piston apa...?

Unknown mengatakan...

Pistonnya pake piston apa...?

ningrat mengatakan...

itu askruknya ori nya di struk apa udah rubahan bang?
untuk pengapian bawah pakek standardnya apa rubahan jga bang?

Unknown mengatakan...

Boros lah pilot jet nya aj bukan orisinil

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews